«

»

Aug 10

Mantap! Pemanah Indonesia Ini Kalahkan Juara Dunia pada Ajang Olimpiade Rio 2016

2348313medium-4dd46c98e4913becaf39e3b767b7a5d9780x390

Nama Indonesia kini jadi bahan pembicaraan dunia, khususnya diantara penggemar olahraga memanah. Hal tersebut  karena pemanah putra asal Tanah Air Ega Agatha Salsabila secara mengejutkan berhasil mengalahkan pemanah nomor satu dunia asal Korea Selatan, Kim Woo-jin pada ajang Olimpiade Rio 2016.

Dilansir dari Kompas,Ega berhasil mengkandaskan perlawanan Kim Woo pada babak kedua nomor  perorangan Olimpiade Rio di Sambodromo, Senin (08/08/2016). Hebatnya pemanah asal Riau tersebut menyudahi perlawananatlet panahan  juara dunia tersebut  dengan skor telak 6-2. Laga ini sendiri merupakan pertemuan yang pertama bagi pemanah tersebut.

Padahal sebelum lomba, Ega sama sekali tidak diunggulkan, bahkan dengan peringkatnya yang berada di 30-an dunia, Ega diprediksi tidak beruntung, karena bertemu Kim Woo di putaran kedua. Namun dengan semangat pantang menyerah demi kejayaan ‘Sang Garuda’, Ega pun akhirnya berhasil membuat banyak orang berdecak kagum dengan mengalahkan Kim Woo.

“Terimakasih kepada Tuhan karena bisa menang dari lawan yang nomor satu dunia, kata Ega, seusai pertandingan.

Jalannya pertandinga sendiri memang sempat didominasi oleh Kim Woo denga tembakan sempurna di area 10. Dari tiga kali percobaan di set pertama, Kim Woo meraih dua angka 10 dan sekali angka 9. Sedangkan Ega hanya berhasil membidik angak 9 dari tiga kali tembakan. Ia pun harus menyerah dari Kim Woo di set ini dengan 27-29, bahkan sudah tertinggal 0-2 dalam pengumpulan poin.

Namun kebangkitan Ega justru dimulai di set kedua, dimana pada set ini Kim Woo justru bermain di bawah tekanan. Setelah mampu membidik sempurna pada tembakan pertama, ia berkali-kalimelakukan kesalahan. Hingga total hanya meraih 27 poin di set ini.

Tekanan bagi Kim Woo terus terjadi, apalagi ketika ia melihat Ega bisa mampu tetap tenang dan mengumpulkan angka jauh lebih banyak. Sampai pada akhirnya Ega berhasil menyalip poin Kim dan terus berjalan kencang, dan menyudahi pemanah unggulan utama tersebut dengan skor telak 6-2. Bahkan set kelima pun tidak perlu dimainkan karena poin Ega sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat Kim Woo angkat koper dari Rio.

Pada babak perdelapan final yang akan dimainkan Jumat (12/08/2016), Ega akan menghadapi pemanah Italia, Mauro Nespoli yang sebelumnya mengalahkan rekan senegara Ega, Muhammad Hanif Wijaya pada babak 32 besar.

Dengan hasil mengejutkan ini, sekarang Ega menjadi salah satu unggulan pertama untuk bisa meraih emas memanah perseorangan putra, dan siap mengarumkan nama bangsa di kancah dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>